Daop V Purwokerto Sosialisasikan Antipelecehan Seksual di Kereta

- Rabu, 23 Februari 2022 | 08:13 WIB
BUKET KEMBANG : Pegawai PT KAI Daop V Purwokerto menyerahkan buket kembang kepada seorang penumpang KA dalam aksi sosialisi antipelecehan seksual di dalam kereta, Selasa (22/2/2022). (SM Banyumas/Ist)
BUKET KEMBANG : Pegawai PT KAI Daop V Purwokerto menyerahkan buket kembang kepada seorang penumpang KA dalam aksi sosialisi antipelecehan seksual di dalam kereta, Selasa (22/2/2022). (SM Banyumas/Ist)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com- Menyikapi maraknya kasus pelecehan seksual di ruang publik yang terjadi saat ini, PT KAI Daop V Purwokerto mengampanyekan antipelecehan seksual. Kampanye atau sosialisasi dilakukan di stasiun Purwokerto dan di dalam kereta penumpang, Selasa 22 Februari 2022.

Vice President Daop V Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan isu pelecehan seksual diangkat sebagai salah satu langkah antisipasi agar kasus pelecehan seksual terhadap penumpang tidak terjadi lagi.

"Walaupun di wilayah Daop V Purwokerto sampai dengan saat ini belum ada laporan maupun temuan soal pelecehan seksual baik di stasiun maupun di atas kereta api, tapi isu tersebut menjadi penting sehingga masyarakat khususnya penumpang perempuan dapat teredukasi dengan baik sekaligus mempunyai keberanian untuk melapor apabila mengalami hal/kejadian pelecehan seksual," imbuh Daniel.

Baca Juga: Disebut Otorita IKN, Pembangunan IKN Usung Visi 'Kota Dunia untuk Semua'

Daniel menyebutkan pelecehan seksual acap kali terjadi dari generasi ke generasi.

Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) menemukan pelecehan seksual di ruang publik bahkan dapat menimpa laki-laki walaupun angkanya lebih rendah dibandingkan terhadap perempuan.

"Bahwa tiga dari lima perempuan dan satu dari 10 laki-laki pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik. Pelecehan seksual di ruang publik dapat terjadi di jalanan umum dan transportasi umum, tidak terkecuali di kereta," terangnya.

Baca Juga: Bupati Tiwi: BLT Buat Nyicil Motor, Coret!

Menyikapi maraknya kasus pelecehan seksual di ruang publik tersebut, PT KAI Daop V melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggandeng Komunitas Pencinta Kereta Api (Railfans) Spoorlimo, menyelenggarakan Sosialisasi Antipelecehan Seksual di stasiun maupun di dalam yang dilaksanakan pada Selasa 22 Februari 2022.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penderita Depresi asal Sumbang Mengamuk Bawa Celurit

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:00 WIB

Aliansi Masyarakat Cilongok Kembali Gelar Demo

Jumat, 30 September 2022 | 16:46 WIB

Warga Berharap Penertiban PGOT Diintensifkan Lagi

Jumat, 30 September 2022 | 06:17 WIB

Larasatun Ibunda Mayangsari Terkenal Ramah dan Supel

Rabu, 28 September 2022 | 07:57 WIB
X