Tilang Elektronik Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 08:33 WIB
MEMANTAU MONITOR: Petugas Satlantas Polres Banjarnegara memantau layar monitor yang menampilkan tayangan dari sejumlah kamera CCTV yang terpasang di sejumlah lokasi.(SM Banyumas/Castro Suwito)
MEMANTAU MONITOR: Petugas Satlantas Polres Banjarnegara memantau layar monitor yang menampilkan tayangan dari sejumlah kamera CCTV yang terpasang di sejumlah lokasi.(SM Banyumas/Castro Suwito)
BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com- Penerapan electronic traffic law enforcement  (ETLE) atau tilang elektronik mampu meningkatkan disiplin berlalu lintas.
 
Hal ini bisa dilihat dari menurunnya pelanggaran lalu lintas sejak diterapkannya tilang elektronik.
 
Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto melalui Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, penerapan tilang elektronik mampu menekan angka pelanggaran lalu lintas.
 
 
"ETLE mampu secara signifikan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," katanya, Kamis (17/2).
 
Diakui, pelanggaran lalu lintas masih terjadi namun tidak begitu tinggi. Pihaknya berharap, dengan sistem ETLE diharapkan pengguna jalan semakin tertib administrasi kepemilikan kendaraan bermotor, disiplin dan tertib berlalu lintas sehingga mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.
 
Di masa pandemi ini, lanjutnya, penindakan pelanggaran menggunakan tilang elektronik sangat efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Karena, sistem tersebut mengurangi pertemuan antara petugas dan pelanggar.
 
 
“Selain itu, juga dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan, mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Polri dalam melayani masyarakat,” terangnya.
 
Polres Banjarnegara melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem ETLE dengan menggunakan kamera CCTV  statis di sejumlah persimpangan jalan dan sistem  Mobile Sigap.
 
Hasil tangkapan kamera pelangggaran diserahkan kepada operator kemudian dilakukan verifikasi data dan dibuatkan surat konfirmasi yang selanjutnya diantar oleh kurir Go Sigap kepada alamat yang dituju.
 
 
Pelanggar bisa melakukan konfirmasi melalui layanan informasi nomor whatsapp yang tertera pada surat. Pembayaran denda bisa secara online melalui BRIVA, jadi tidak harus datang ke pengadilan atau kantor Satlantas Polres Banjarnegara. ***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15.000 Bibit Pohon Ditanam di Dataran Tinggi Dieng

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:45 WIB

SICB Kerahkan Anggota Bantu Bersihkan Pasar Darurat

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:40 WIB

Polres Banjarnegara Ringkus Begal Taksi Online

Selasa, 3 Januari 2023 | 07:41 WIB

Ganjar Pranowo Kick Off 29 Desa Antikorupsi

Sabtu, 17 Desember 2022 | 05:57 WIB
X