Prosesi Kirab  Pusaka Kebesaran Banyumas Ditiadakan, Diganti Palereman di Komplek Pendapa Sipanji

- Jumat, 18 Februari 2022 | 17:16 WIB

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Bupati Banyumas Achmad Husein memimpin upacara palereman 4 pusaka kebesaran Kabupaten Banyumas, Kamis 17 Februari 2022. 
 
Tidak seperti biasanya setiap Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang selalu digelar Prosesi Kirab Pusaka, mengingat pandemi selama 2 tahun terakhir, prosesi Kirab Pusaka ditiadakan. 
 
Pada peringatan hari jadi ke 451 kali ini, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas baru kembali menggelar kegiatan meski terbatas.
 
 
Tidak berupa kirab, namun Palereman.
 
Usai dilakukan penjamasan, 4 pusaka kebesaran Banyumas tersebut, langsung dimasukkan kembali di Gedong Pusaka komplek  Pendopo Sipanji Purwokerto. 
 
Diiringi rintik hujan, prosesi palereman dimulai dari Tombak Kyai Genjring, Keris Gajah Endra, Keris Nalapraja dan Keris Sempana Bener dibawa masuk ke Pendopo Sipanji Purwokerto.
 
 
Mengingat acara terbatas, tidak ada penonton pada prosesi ini, termasuk peraga juga terbatas. Semua peraga menggunakan masker maupun faceshield.***
 
Keempat pusaka tersebut merupakan pusaka kebesaran Kabupaten Banyumas. Salah satunya adalah keris yang dimiliki oleh Bupati Pertama yaitu Raden Joko Kaiman atau yang sering disebut Adipati Mrapat yaitu Keris Gajah Endra.
 
Usai palereman ada pertunjukan Tari Bedayan Sipanji yang dibawakan oleh penari dari Sanggar Seni Graha Mustika Purwokerto. Kemudian acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng.

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPBD Terus Dorong Masyarakat Pahami Konsep Mitigasi

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:37 WIB

Jembatan Lopasir Penghubung Adisara-Karanglewas Longsor

Minggu, 27 November 2022 | 05:59 WIB

Ormas Agama Mulai Galang Dana Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 18:15 WIB

Jambret HP yang Sudah Beraksi Belasan Kali Ditangkap

Selasa, 22 November 2022 | 11:15 WIB

Dampak Longsor dan Banjir Luapan Gumelar Masih Ditangani

Selasa, 22 November 2022 | 09:37 WIB
X