Petani di Kampung Laut Cilacap Mulai Panen Kedelai

- Kamis, 17 Februari 2022 | 15:36 WIB

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com- Kelompok Tani (Poktan) Tani Mandiri, Desa Ujung Gagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap melaksanakan panen kedelai, Rabu 16 Februari 2022.

Direktur Aneka Kacang dan Umbi Kementerian Pertanian (Kementan) Yuris Tiyanto mengatakan, saat ini Kementan telah komitmen dengan CV Java Agro Prima Yogyakarta selaku off taker pengembangan kedelai, untuk membeli hasil panen kedelai yang ada di Kecamatan Kampung Laut.

“Yang pertama untuk memenuhi kebutuhan ekspor tempe ke Korea dengan merk Atempe, Kedua untuk memenuhi kebutuhan kedelai ke pabrik Nestle, ketiga membeli benih kedelai hasil panen petani, dan menjadi avalis bagi petani yang mengajukan KUR untuk penanaman kedelai,” ucap Yuris dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, BPBD Banjarnegara Bagikan Ribuan Masker

Yuris menambahkan, tugas baru untuk membuat Gerakan Kebangkitan Kedelai, tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari petani yang ada di Kecamatan Kampung Laut.

“Semoga panen kita ini membawa keberkahan untuk keluarga dan negara kita Indonesia yang tercinta,” kata dia.

Sementara itu, panen tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Pertanian, Asisten II Bupati Cilacap, Plt Kadis Pertanian Kabupaten Cilacap, CV Java Agro Prima Yogyakarta selaku off taker petani kedelai.

Baca Juga: Dua Kelompok Warga yang Sempat Bentrok di Cilacap, Sepakat Tempuh Jalan Damai

Adapun Kabupaten Cilacap menerima bantuan kegiatan kedelai dari Kementan pada tahun 2021 seluas 3.191 ha. Dengan produktivitas rata-rata 1,3 ton per ha.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB

Patroli Satpol PP Cilacap Jaring PGOT dan Anak Punk

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:59 WIB
X