Tahun 2022 Masyarakat Kembali Bisa Menikmati KA Bersubsidi, Ini Daftar Tarif KA Bersubsidi

- Rabu, 26 Januari 2022 | 10:16 WIB
Ilutrasi : Salah satu KA jarak jauh yang melintas di wilayah Daop V Purwokerto. (SM Banyumas/Ist)
Ilutrasi : Salah satu KA jarak jauh yang melintas di wilayah Daop V Purwokerto. (SM Banyumas/Ist)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com- Masyarakat di sekitar wilayah Daop V Purwokerto, yaitu yang terletak di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, Cilacap dan Brebes, pada kini dapat menikmati kembali transportasi publik kereta api dengan harga yang terjangkau.

Kepastian itu diperoleh karena Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan kembali anggaran sebesar Rp 3,2 triliun lebih untuk penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (Public Service Obligation/PSO) dan subsidi kereta api perintis tahun 2022.

“Melalui PT KAI (Persero) subsidi pemerintah tersebut diselenggarakan untuk memberikan pelayanan KA yang selamat, aman, nyaman, sehat dan dengan tentu harga yang terjangkau oleh masyarakat,” jelas Vice President Daop V Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat dalam keterangannya, Senin 24 Januari 2022.

Baca Juga: Indonesia Punya Bahan Baku DME Melimpah, Tapi Malah Impor Elpiji Rp 80 Triliunan Per Tahun

Adapun penandatanganan kontrak penyelenggaraan PSO dan subsidi kereta api perintis tahun 2022, kata Daniel telah dilaksanakan oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub dengan Direktur Utama PT KAI.

Daniel mengatakan daftar KA subsidi Pemerintah dalam kontrak tahun 2022 yang melintas di wilayah Daop V, meliputi KA ekonomi jarak jauh, KA ekonomi jarak sedang dan Kereta Rel Diesel (KRD) Ekonomi dan KA Ekonomi Lebaran.

Untuk KA ekonomi jarak jauh yang melintas Daop V adalah KA Bengawan relasi Purwosari – Purwokerto - Pasar Senen PP tarif Rp 74.000, KA Kahuripan relasi Blitar – Kroya – Kiaracondong PP tarif Rp 84.000.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Akan Tetap Menghentikan Ekspor Bahan Mentah Minerba

Sedangkan KA ekonomi jarak sedang adalah KA Serayu Pagi relasi Purwokerto – Kroya – Kiaracondong – Pasar Senen PP tarif Rp 67.000, KA Serayu Sore relasi Purwokerto – Kroya – Kiaracondong – Pasar Senen PP tarif Rp 67.000 dan KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo – Kroya – Kiaracondong PP tarif Rp 62.000.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X