Hujan Angin Datang, Pohon Raksasa itu Tumbang Rusak Rumah Reyot milik Kakek Nenek di Sigaluh

- Kamis, 20 Januari 2022 | 18:20 WIB
POHON TUMBANG: Hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah milik pasangan renta Adnam Atmaji (77) dan Ninten (70) di Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Kamis (20/2/2022) pukul 5.30.(SM Banyumas/dok)
POHON TUMBANG: Hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah milik pasangan renta Adnam Atmaji (77) dan Ninten (70) di Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Kamis (20/2/2022) pukul 5.30.(SM Banyumas/dok)
BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com–Datangnya hujan dan angin tak dapat diterka waktu pastinya, tak terkecuali oleh sejoli lansia penghuni rumah reyot di Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Kamis pagi 20 Januari 2022.
 
Naasnya tak seperti biasanya, hujan dan angin itu datang dengan dahsyat. Di antara dingin yang menyergap tubuh renta kedua sejoli ini, suara gemeretak terdengar tiba-tiba.
 
Ya, sebuah pohon pohon raksasa di belakang rumah pasangan lansia yang dihuni mereka puluhan tahu itu roboh. Tak hanya roboh, namun pohon itu tumbang menghantam rumah bagian belakang milik mereka.
 
 
Belum banyak yang bisa diceritakan oleh Adnam Atmaji (77) dan Ninten (70)usai kejadian itu. Apalagi selain membuat rusak berat bagian dapur dan kamar mandi sederhana, reruntuhan atap rumah itu membuat Ninten terluka bagian kepala. 
 
Beruntung tetangga yang mendengar itu langsung berhambur keluar rumah. Melihat itu tetangga dan kerabat berharap tak terjadi apa-apa.
 
Namun setelah melihat nenek Ninten terluka di bagian kepala, mereka langsung gotong royong melarikannya ke RSUD Banjarnegara untuk mendapatkan perawatan medis. 
 

“Kejadiannya sekitar pukul 5.30, kami sudah menerjunkan tim untuk mengecek lokasi dan asesmen,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulisyo. 

Dengan gotong royong warga, usai kejadian itu tim BPBD dan sukarelawan telah melakukan evakuasi dan pembersihan material bangunan. 

Kakek Adnam Atmaji juga sudah diungsikan ke tempat yang aman.

Baca Juga: Soal Omicron, Presiden Minta Warga Waspadai Tren Tapi Jangan Bereaksi Berlebihan

“Hari ini juga, kami mendistribusikan bantuan berupa kayu kaso, seng, bahan makanan, alat masak,  dan perlengkapan mandi,” ujarnya. 

Pihaknya mengimbau warga untuk selalu waspada mengingat kondisi saat ini masih musim hujan. Bahkan, terkadang hujan disertai angin kencang. Bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana longsor, banjir dan pohon tumbang agar meningkatkan kewaspadaan.

“Jika perlu, segera mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk mengurangi risiko bencana,” ujarnya.***

 
 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15.000 Bibit Pohon Ditanam di Dataran Tinggi Dieng

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:45 WIB

SICB Kerahkan Anggota Bantu Bersihkan Pasar Darurat

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:40 WIB

Polres Banjarnegara Ringkus Begal Taksi Online

Selasa, 3 Januari 2023 | 07:41 WIB

Ganjar Pranowo Kick Off 29 Desa Antikorupsi

Sabtu, 17 Desember 2022 | 05:57 WIB
X