224 Desa di Purbalingga Digelontor DD dan ADD Rp 367,9 M

- Selasa, 18 Januari 2022 | 20:50 WIB
Ilustrasi Dana Desa (SM/ industry.co.id)
Ilustrasi Dana Desa (SM/ industry.co.id)

PURBALINGGA, suaramerdeka-banyumas.com- Tahun ini pemerintah pusat menggelontorkan Rp 367,9 miliar untuk Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD ADS) bagi 224 desa di Kabupaten Purbalingga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga Pandi merinci ADD Rp 120.563.476.000 dan DD Rp 247.368.204.000.

"Tahun ini DD dan ADD untuk desa di Purbalingga naik dibanding tahun 2021," katanya saat paparan Sosialisasi DD dan ADD 2021, Selasa (18/1) di Ruang Rapat Bupati.

Baca Juga: Tagar Purwokerto Trending Topik di Twitter, Ada Apa Ya...

Ia menambahkan, penyaluran ADD tahun 2022 juga sedikit berbeda dengan 2021. Penyaluran kali ini dilakukan sebanyak 12 termin atau dicairkan per bulan dari yang biasanya 3 termin.

Sasaran penggunaan ADD, yaitu untuk mendanai pnyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, kemasyarakatan desa, pemberdayaan masyarakat desa, dan penanggulangan bencana/keadaan darurat/mendesak desa.

“Sedangkan prioritas penggunaan DD diarahkan untuk percepatan pencapaian aksi SDGs desa sebagai arah kebijakan prioritas pembangunan desa," imbuhnya.

Baca Juga: Ambil Motor yang Tertinggal, Maling Elpiji Melon Dibekuk Warga

SDGs desa adalah upaya terpadu pembangunan desa untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Antara lain pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, mtigasi dan penanganan bencana alam dan nonalam sesuai kewenangan desa.

Sekretaris Daerah Herni Sulasti menyatakan, pada tahun ini, ada perubahan aturan terkait ADD. Penyaluran ADD dapat dilaksanakan setiap bulan sehingga Kades dan perangkat desa bisa menerima Siltap setiap bulan.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X