Berbagi Bibit Tanaman, Merangsang Kepedulian Anak Terhadap Pelestarian Lingkungan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 10:11 WIB
Anak-anak di wilayah RT 7 RW 4 Kelurahan Purwanegara berbagi bobot tanaman pohon salam untuk warga setempat (SMBanyumas/Puji Purwanto)
Anak-anak di wilayah RT 7 RW 4 Kelurahan Purwanegara berbagi bobot tanaman pohon salam untuk warga setempat (SMBanyumas/Puji Purwanto)

MINGGU pagi begitu cerah. Waktu baru menunjukkan pukul 08.00 WIB. Anak-anak usia sekolah dasar mulai berkumpul di ruang belajar milik warga RT 07 RW 04 Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara.

Mereka mengisi waktu libur untuk belajar menulis dan membaca cerita pendek (cerpen). Kali ini, penulisan cerpen mengangkat tema "Menanam Pohon Salam".

Tema ini untuk merangsang kepedulian anak terhadap pelestarian lingkungan, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia 2022.

Bagi anak-anak kegiatan ini menjadi hal yang menyenangkan. Pertama, mereka menulis ulang cerpen dari pendamping belajar, kemudian membacakannya di depan teman-teman. Hal ini juga untuk mengukur rasa percaya diri anak-anak berdiri depan orang banyak.

Baca Juga: Bersama Santri, Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon

Selain itu, isi dari cerpen memberikan pengetahuan tentang tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat.

"Sedikit grogi tapi menyenangkan bisa membaca cerpen di depan teman-teman," kata salah satu anak yang diminta membacakan cerpen, Qasdina (8).

Usai membacakan cerpen, kegiatan ini dilanjutkan dengan aksi menanam dan berbagi bibit tanaman pohon salam untuk warga sekitar.

Gerakan menanam dan berbagi bibit pohon ini untuk merangsang kepedulian anak terhadap lingkungan.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X