Geger Macan Kumbang di Wangon, Diduga Kuat adalah Anjing Hutan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 11:29 WIB
ANJING Hutan (SM Banyumas/dok pixabay)
ANJING Hutan (SM Banyumas/dok pixabay)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com-Fenomena penampakan hewan liar yang diduga macan kumbang di sekitar kebun warga Desa Windunegara, Kecamatan Wangon ternyata terkonfirmasi diduga kuat merupakan anjing hutan.

Kepala Desa Windunegara, Teguh Imam Safi'i menyatakaan dugaan kuat hewan anjing hutan ini merupakan hasil dari pengamatan dan survey lapangan dari tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cilacap.

Jumat 7 Januari 2022 telah turun lima orang tim BKSDA untuk melihat dan menelusur jejak yang dikira warga adalah macan kumbang.

Baca Juga: Berbagi Bibit Tanaman, Merangsang Kepedulian Anak Terhadap Pelestarian Lingkungan

"Tiga orang dari tim dan dua orang lain pembawa kamera dan drone. Mereka turun ke lokasi kebun di Grumbul Kepetek dan ditunjukkan warga sebagaimana didengar dan dilihat warga pekan lalu," jelasnya.

Dari hasil pengamatan lapangan tim inilah, didapatkan informasi bahwa jejak hewan yang diteliti tersebut lebih mirip dengan jejak anjing hutan daripada macan kumbang.

Hal ini terlihat dari bentuk jejak yang bulat tanpa jejak kuku dan ciri lainnya.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung, Akhir 2022 Diujicoba, Juni 2023 Mulai Dioperasikan

"Dari pengakuan warga juga hewan yang terdengar aumannya itu berwarna cokelat. Jadi diduga kuat merupakan anjing hutan daripada macan kumbang. Namun memang ukuran anjing hutan ini cukup besar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X