Vaksinasi Pelajar Cilacap Dosis Kedua sudah Lebih dari 50 Persen

- Selasa, 11 Januari 2022 | 08:34 WIB
Ilustrasi vaksinasi anak yang akan dimulai Desember 2021 (SM Banyumas/pixabay)
Ilustrasi vaksinasi anak yang akan dimulai Desember 2021 (SM Banyumas/pixabay)



CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Pemkab Cilacap terus menggencarkan vaksinasi pelajar guna mendukung program pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Cilacap, Sadmoko Danardono megatakan, vaksinasi pelajar di Kabupaten Cilacap sudah berjalan untuk dosis kedua. Total siswa SMP, SMA dan SMK di Cilacap yang masuk kategori vaksin itu 101 ribu lebih.

"Vaksinasi pelajar di Cilacap untuk usia 12 tahun ke atas sudah 100 persen dosis pertama. Kemudian, dosis keduanya sudah lebih dari 50 persen," kata Sadmoko Danardono, akhir pekan kemarin.

Baca Juga: Pamit Ambil Rapor, Alifa Belum Pulang Enam Hari

Adapun sisanya, saat ini masih terus diproses. Pihaknya mengharapkan supaya ke depan bisa segera mencapai 100 persen.

Di sisi lain, Pemkab Cilacap juga terus memproses vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Sadmoko mengatakan, anak rentang usia itu umum merupakan siswa SD sederajat.

Menurut dia, anak usia 6-11 tahun di Cilacap jumlahnya mencapai 177 ribu lebih. Jumlah itu meliputi siswa SD maupun MI di Cilacap. "Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun, pada pekan sebelumnya sudah 80 persen lebih. Mudah-mudahan secepatnya bisa mendekati 100 persen," katanya.

Baca Juga: Peringati HUT PDI Perjuangan, di Banyumas Ribuan Paket Beras 5 Kg Dari Puan Dibagikan ke Warga

Dia mengatakan, vaksinasi anak sudah dimulai sejak pekan ketiga bulan Desember 2021 lalu. Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilaunching oleh Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf, yang juga ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro.

Sementara itu, hingga memasuki semester II tahun pelajaran 2021/2022, PTM di Kabupaten Cilacap masih bersifat terbatas. Sadmoko mengatakan, PTM terbatas dengan kapasitas 50 persen, dua sesi, dan enam jam pelajaran per hari.

"Alhamdulillah, untuk pelaksanakaan PTM terbatas di Cilacap hingga saat ini berjalan dengan lancar, aman, dan anak-anak terlayani dengan baik," kata dia.

Baca Juga: Ini Pesan Kapolda Jateng Saat Sertijab 11 Pejabat Polda yang Mendapatkan Alih Tugas

Walau demikian, pihaknya tetap mewajibkan prokes dalam PTM terbatas itu. "Walapun anak sudah divaksin, prokes tetap wajib, masker tidak boleh lepas," jelasnya.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arus Balik di Jalur Selatan Jawa Mulai Ramai

Kamis, 5 Mei 2022 | 20:03 WIB

Tiga Orang Luka Bakar, Terkena Ledakan Petasan

Selasa, 12 April 2022 | 09:13 WIB

Cilacap Masuk Kabupaten Prioritas Program AIHSP

Kamis, 7 April 2022 | 18:48 WIB
X