PMI Banyumas Adakan Temu Silaturahmi Donor Rhesus Negatif

- Kamis, 30 Desember 2021 | 05:47 WIB


PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas  atau PMI Banyumas menggelar temu silaturahmi keluarga Rhesus Negatif Kabupaten Banyumas. Yakni silaturahmi para pendonor golongan darah rhesus negatif yang jumlahnya sangat langka.

Silaturahmi yang mengambil tema "Menyatukan untuk Menyelamatkan Sesama" di di Rumah Joglo Indah Jl Brigjen Encung Purwokerto, Rabu (29/12/2021) diikuti 17 orang perwakilan pendonor. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris PMI Banyumas Windu Supomo.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas dokter Winda Astuti mengatakan bahwa orang dengan golongan rhesus negatif adalah golongan yang langka.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru 2022, Pasokan Gas Elpiji Subsidi 3 Kg di Banyumas Ditambah 57.680 Tabung

Di dunia persentasenya hanya 15% dan Indonesia jumlahnya hanya 1 %.

"Jumlah pendonor golongan rhesus negatif yang biasa mendonorkan darahnya rehsus negatifnya lewat PMI Banyumas saat ini ada 94 orang dari semua golongan darah,'' ungkap Winda.

Ketua PMI Banyumas Sadewo Tri Lastiono yang diwakili Sekretaris PMI Windu Supomo dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk para pendonor rhesus negatif yang selama ini telah mendonorkan darahnya sehingga kebutuhan dari pasien rhesus negatif bisa terpenuhi.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Thailand, Frans Sinatra Optimis Skuad Garuda Menang

"Pendonor ini diibaratkan seperti malaikat untuk penerima darah. Apalagi golongan darah rhesus negatif adalah darah yang langka," tuturnya.

Silaturahmi keluarga Rhesus Negatif Kabupaten Banyumas diisi dengan penyampaian materi mengenai golongan darah, gambaran pendonor darah Rhesus negatif di Kabupaten Banyumas. Peserta sangat antusias terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Larasatun Ibunda Mayangsari Terkenal Ramah dan Supel

Rabu, 28 September 2022 | 07:57 WIB

Guru Ngaji Kabupaten Banyumas Diusulkan Terima Insentif

Selasa, 27 September 2022 | 12:52 WIB
X