Hujan Es di Purbalingga Bukan Hoaks! Ini Bukti Penampakan Butiran Es yang Diabadikan Warga

- Senin, 27 Desember 2021 | 19:39 WIB
 Butiran es yang turun bersama hujan deras terlihat di Desa Tunjungmuli dan Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Senin (27/12/2021) sore. (SM Banyumas/dokumentasi warga)
Butiran es yang turun bersama hujan deras terlihat di Desa Tunjungmuli dan Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Senin (27/12/2021) sore. (SM Banyumas/dokumentasi warga)


PURBALINGGA, suaramerdeka-banyumas.com- Kabar hujan es di wilayah Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga dibenarkan oleh warga setempat yang turut serta mengabadikan butiran es melalui ponsel pintar.

Dari keterangan warga, setidaknya ada dua desa yang terdampak hujan es dengan durasi singkat ini yaitu Desa Kramat dan Tunjungmul. Peristiwa tersebut terjadi saat terjadinya hujan deras di wilayah itu, Senin 27 Desember 2021 sore.

“Betul ada hujan es yang terjadi di desa kami. Bermula dari hujan yang turun dengan deras sore ini. Bongkahan es ikut terbawa air hujan. Kondisi ini sempat membuat warga menjadi heboh,” kata Ketua Masyarakat Tangguh Bencana (Mastana) Desa Kramat, Kecamatan Karangmoncol, Munsirin.

Baca Juga: Tak Hanya di Banyumas, Hujan Es Juga Terjadi di Purbalingga

Dia menyampaikan awalnya warga menganggap hujan deras yang turun. Namun mereka menjadi terkejut karena selain butiran air, terdapat bongkahan es sebesar batu kerikil yang ikut terbawa. Sebagian butiran es tertinggal di atap rumah dan juga tanah.

“Selain di Desa Kramat, hujan es juga terjadi di Desa Tunjungmuli. Syukur semua terkendali tidak ada bencana yang terjadi akibat hujan es,” ungkapnya.

Sementara itu hujan deras yang melanda di Kecamatan Karangmoncol juga menyebabkan terjadinya pohon tumbang di Desa Tamansari. Namun tidak ada korban jiwa dan juga kerugian material.

Baca Juga: Satgas BLBI Sita 587 Bidang Tanah Aset Jaminan Grup Texmaco

Diungkapkan, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sedang diturunkan ke lokasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

“Curah hujan sedang tinggi di sejumlah wilayah Purbalingga beberapa hari terakhir ini. Petugas terus bersiaga di lapangan,” imbuh pelaksana harian BPBD Purbalingga Umar Fauzi.***

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X