Tak Hanya di Banyumas, Hujan Es Juga Terjadi di Purbalingga

- Senin, 27 Desember 2021 | 18:51 WIB
FENOMENA langka hujan butiran es terjadi di wilayah Kecamatan Karangmoncol Purbalingga ( SM Banyumas/tangkapan layar video warga))
FENOMENA langka hujan butiran es terjadi di wilayah Kecamatan Karangmoncol Purbalingga ( SM Banyumas/tangkapan layar video warga))

PURBALINGGA, suaramerdeka-banyumas.com-Tak hanya di Banyumas, fenomena langka akibat cuaca ekstrem yaitu hujan es saat hujan deras disertai angin juga terjadi di wilayah Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga pada Senin sore 27 Desember 2021. 

Di waktu hampir bersamaan wilayah Kabupaten Banyumas bagian barat terutama wilayah Kecamatan Pekuncen, Gumelar dan Ajibarang juga mengalami kejadian yang sama. 

Warga dihebohkan dengan fenomena hujan es yang membuat riuh dan gemeretak suara di atap rumah yang tertimpa hujan es berupa butiran-butiran es.  

Baca Juga: Satgas BLBI Sita 587 Bidang Tanah Aset Jaminan Grup Texmaco

Sebagaimana di Banyumas, fenomena hujan es di Purbalingga juga terdokumentasi dalam sebuah video yang diunggah akun Facebook Vendrascoot Wijaya di Grup Facebook Sekilas Info Purbalingga & Sekitarnya sekitar pukul 16.00 WIB.

"Hujan disertai angin kencang dan hujan es ," tulis akun Facebook Vendrascoot Wijaya, Senin, 27 Desember 2021 sebagaimana dilansir dari Lensa Purbalingga dengan berita berjudul Fenomena Hujan Es Terjadi di Purbalingga Disertai Angin Puting Beliung

Dia juga menginformasikan bahwa terjadi musibah angin kencang di beberapa desa di Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga

Baca Juga: Lima Kandidat Calon Rektor Unsoed Siap Bersaing ke Tahap Berikutnya

"Hujan es disertai angin kencang melanda desa Tamansari, Karangmoncol, Purbalingga . Dari keterangan yang dihimpun, ada atap rumah yang terbang, pohon tumbang dan air meluap," lanjutnya.

Setelah mengkonfirmasi pihak Kantor Kecamatan Karangmoncol, Camat Karangmoncol mengonfirmasi atas kejadian tersebut.

"Benar, itu hujan es di Desa Tunjungmuli dan Desa Kramat," kata Camat Karangmoncol, Hendro Prasetyo saat dikonfirmasi Lensapurbalingga.com melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Soal Hujan Es, Hujan Lebat dan Angin, Ini Penjelasan dari BMKG

Selain itu, Hendro Prasetyo mengatakan, bencana angin puting beliung menerpa Desa Rajawana dan Desa Tajug, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga

Hendro Prasetyo juga menginformasikan bahwa dirinya beserta pihak Kecamatan Karangmoncol sedang menuju lokasi kejadian.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRI Purbalingga Gelar Panen Hadiah Simpedes

Minggu, 21 Mei 2023 | 14:21 WIB
X