FKUB di Jawa Tengah Diharapkan Dukung Percepatan Moderasi Beragama Untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh

- Kamis, 2 Desember 2021 | 06:57 WIB
Peserta saresehan  umat beragama yang difasilitasi FKUB Provinsi Jawa Tengaj di Purwokerto, Selasa, 30 November 2021.
Peserta saresehan  umat beragama yang difasilitasi FKUB Provinsi Jawa Tengaj di Purwokerto, Selasa, 30 November 2021.


PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-– Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Provinsi Jawa Tengah, termasuk di Kabupaten Banyumas diharapkan ambil peran aktif dalam mempercepat moderasi beragama menuju Indonesia tangguh  Indonesia tumbuh.

Hal itu mengemuka dalam kegiatan saresehan bertajuk Pemberdayaan Potensi Daerah dan Percepatan Moderasi Beragama untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh di D’Garden Resto Hall Purwokerto, Selasa, 30 November 2021.
 
Saresehan hasil kerjasama FKUB Jateng  Kesbangpol Provinsi Jawa  Tsngah dan FKUB Banyumas ini menghadirkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara online.
 
 
Acara juga dihadiri Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono, Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kemenag Kantor Wilayah Jawa Tengah, Ketua dan Pengurus FKUB Provinsi Jawa Tengah, Waka Polresta Banyumas, Dandim 0701 Banyumas, Kepala Kemenag se – eks Karesidenan Banyumas, Kepala Kesbangpol se – eks Karesidenan Banyumas, pengurus FKUB Banyumas, dan tokoh lintas agama.
 
Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dalam sambutan pembukaan menyampaikan pentingnya kerukunan umat beragama
 
Hal inu, katanya,  merupakan suatu pondasi yang penting dalam menciptakan suatu keharmonisan antar lapisan masyarakat yang berbeda – beda. 
 
 
"Kerukunan umat beragama ini ditandai dengan adanya toleransi, kerjasama, saling pengertian, saling menghormati dan saling menghargai sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara," katanya
 
Wabup betharap, FKUB Banyumas dapat memainkan peran strategisnya untuk menjadi wadah pemersatu antara pemuka dan pemeluk agama. 
 
“Peranan FKUB sangat penting untuk membina kerukunan umat beragama. Saya berharap FKUB dapat mengayomi semua umat beragama. Komitmen ni harus tertanam kuat dalam diri semua tokoh dan aktifis FKUB,” ujar Sadewo.
 
 
Ketua FKUB Kabupaten Banyumas, Dr KH Moh. Roqib berharap sarasehan kali ini dapat membawa banyak kemanfaatan dan keberkahan khususnya dalam konteks kerukunan umat beragama dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan dan kedamaian hidup bagi masyarakat di Eks - Karesidenan Banyumas.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Blokade Jalan ke TPA Gunung Cunil

Selasa, 25 Januari 2022 | 18:35 WIB

Guru di Banyumas Mulai Terima Vaksin Booster

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:04 WIB

Konservasi Lahan Kritis dan DAS Tak Boleh Berhenti

Senin, 17 Januari 2022 | 23:09 WIB
X