Kebakaran Kapal KM Soemantri Brodjonegoro Berhasil Dipadamkan 1,5 Jam Setelah Kejadian

- Kamis, 2 Desember 2021 | 06:44 WIB
LIMA awak kapal KM Soemantri Brodjonegoro di Cilacap usai pemadaman kebakaran kapal Rabu 1 Nopember 2021.( SM Banyumas/dok)
LIMA awak kapal KM Soemantri Brodjonegoro di Cilacap usai pemadaman kebakaran kapal Rabu 1 Nopember 2021.( SM Banyumas/dok)
CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Kebakaran Kapal KM Soemantri Brodjonegoro, berhasil dipadamkan pada pukul 9.17 WIB, dan pada pukul 15.00 ruang kapal dilaporkan sudah aman untuk dimasuki awak kapal. 
 
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Logistik (Pilog), Tentaminarto Tri Februartono dalam keterangan tertulis mengatakan, kebakaran ini tidak mengakibatkan kendala apapun terhadap penyaluran pupuk bersubsidi.
 
Pada saat kejadian, lanjutnya kapal dalam keadaan kosong dan sudah melakukan bongkar muatan pupuk Urea dalam bentuk curah sebanyak 7.436 ton pada UPP di Cilacap
 
 
“Kebakaran sudah berhasil dipadamkan, nahkoda dan 26 awak yang berada di kapal berhasil dievakuasi dan tidak ada korban jiwa.
 
Kejadian ini juga tidak berdampak terhadap lingkungan sekitar,” tegas Tentaminarto. 
 
Peristiwa kebakaran sendiri disinyalir terjadi sekitar pukul 7.30 pagi dan awak kapal langsung melakukan upaya pemadaman dengan peralatan pemadaman dan melakukan manuver-manuver untuk menyelamatkan kapal. 
 
 
Sementara, pantuan di lokasi, asap sempat mengepul dari bagian belakang kapal, selama beberapa jam. Kapal pemadam juga terus menyemprotkan cairan pemadam ke bagian belakang kapal hingga beberapa jam. 
 
Lebih lanjut Tenta mengatakan, kebakaran, lanjutnya juga tidak menjalar ke bagian mesin ataupun bagian-bagian vital kapal lainnya.
 
Pada pukul 9.17 WIB api dilaporkan sudah padam dan pukul 15.00 tadi ruang kapal dinyatakan aman untuk dimasuki awak kapal. 
 
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu proses pemadaman dan evakuasi, terutama kepada Pertamina, Pelindo, Basarnas dan juga Polair”, kata Tenta.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Omicron, Sekolah Diminta Jaga Prokes Ketat

Rabu, 26 Januari 2022 | 05:10 WIB

Perahu Terbalik, Dua Pemancing Tenggelam

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:01 WIB

Kandang Ayam Terbakar, Kerugian Capai Rp 1,2 Miliar

Minggu, 9 Januari 2022 | 15:34 WIB

BNN Cilacap, Rehabilitasi 60 Napi di Nusakambangan

Kamis, 30 Desember 2021 | 12:08 WIB

16 Napi Highrisk, Dipindahkan ke Nusakambangan

Rabu, 29 Desember 2021 | 13:25 WIB
X