Refleksi Akhir Tahun : Selain Kependudukan, Anak dan Perempuan Juga Urusan Wajib Pemerintah

- Kamis, 25 November 2021 | 16:05 WIB
Pemkab Cilacap berhasil meraih sejumlah penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2017-2018 (SMBanyumas/dok)
Pemkab Cilacap berhasil meraih sejumlah penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2017-2018 (SMBanyumas/dok)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Perspektif sekaligus kerja sama lintas sektor antar-OPD di bawah koordinasi Pemerintah Kabupaten Cilacap yang menjabarkan pembangunan kependudukan, anak dan pemberdayaan perempuan harus terus dipertahankan sebagai investasi generasi berkualitas di masa mendatang. 

Dari komitmen dan kerja keras inilah, Pemkab Cilacap berhasil meraih sejumlah penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2017-2018 hingga Penghargaan Manggala Karya Kencana Pemerintah Kabupaten Cilacap menerima penghargaan Manggala Karya Kecana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI di tahun 2020.

Penghargaan KLA kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI setidaknya telah menjadi pemicu kalangan birokrat Pemkab Cilacap sebagai pelayanan anak dan perempuan secara optimal.

Apalagi KLA bagi Cilacap, sebagaimana cita-cita Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji telah menjadi komitmen yang terintegrasi dalam visi misi serta implementasi empat pilar program Bangga Mbangun Desa.

Baca Juga: Berkunjung ke Suara Merdeka Banyumas, Kapolresta Ajak Masyarakat Tidak Lengah terhadap Covid-19

Dari total 389 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang dievaluasi, tercatat 177 kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan.

Rinciannya, 2 kota berhasil meraih penghargaan Utama, 11 kabupaten/kota meriah penghargaan Nindya, 51 kabupaten/kota meraih penghargaan Madya, dan 113 kabupaten/kota meraih penghargaan Pratama dalam acara puncak Hari Anak di Surabaya, pertengahan Juli 2018.

Penghargaan Manggala Karya Kencana Pemerintah Kabupaten Cilacap menerima penghargaan Manggala Karya Kecana (MKK) (SMBanyumas/dok)

Sementara itu, Penghargaan Manggala Karya Kencana yang diberikan langsung Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.Og (K), di Pendopo Wijaya Kusuma Cilacap, Kamis 17 September 2020 menjadi bukti dukungan atas komitmen luar biasa terhadap Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana).

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disiplin Protokol Kesehatan Tetap Dipantau

Rabu, 24 November 2021 | 13:18 WIB

150 Nelayan Cilacap Dapat Program Pemberdayaan Nelayan

Kamis, 18 November 2021 | 14:02 WIB
X