Refleksi Akhir Tahun : Empat Pilar Jadi Titik Pijak Cilacap Implementasikan Pemerataan Kesejahteraan

- Selasa, 23 November 2021 | 19:46 WIB
Tatto Suwarto Pamuji (SMBanyumas/dok)
Tatto Suwarto Pamuji (SMBanyumas/dok)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan sosial budaya menjadi empat pilar penopang terwujudnya visi Cilacap Semakin Sejahtera Secara Merata sebagai tujuan pembangunan jangka menengah Kabupaten Cilacap 2017-2022.

Setidaknya itulah awalan refleksi akhir tahun pembangunan Kabupaten Cilacap selama kepemimpinan Bupati Tatto Suwarto Pamuji. Melalui empat pilar ini pula visi misi pemkab selaras dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa Provinsi Jawa Tengah.

Adapun selama empat tahun terakhir ini, upaya menjawab permasalahan lima bidang pembangunan yang menjadi amanat dari Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cilacap 2017-2022 terus diwujudkan.

Melalui lima bidang yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Kesra, Bidang Ekonomi dan Bidang Infrastruktur, terlihat bagaimana pemerintah pro terhadap rakyat dan wilayah.

Baca Juga: Sukseskan Vaksinasi, Pemerintah Desa Libatkan RT-RW

Implementasi RPJMD Kabupaten Cilacap Tahun 2017-2022 menjadi gambaran bagaimana pemerintah bersama pihak terkait lainnya mewujudkan cita-cita masyarakat Kabupaten Cilacap sesuai dengan visi, misi, dan program pembangunan daerah.

Secara detail perlu diketahui Visi RPJMD Kabupaten Cilacap Tahun 2017 – 2022 adalah Cilacap Semakin Sejahtera Secara Merata “Bangga Mbangun Desa” yang dijabarkan dalam 5 Misi, 6  Tujuan dan 17 sasaran pembangunan. Kebijakan bupati dalam RPJMD selama 5 tahun, harus dilaksanakan oleh OPD terutama untuk menjawab Indikator Kinerja Utama (Indikator Bupati) sebanyak 46 indikator sasaran.

Prioritas pembangunan per tahun harus dicermati oleh OPD, sehingga dalam melaksanakan kegiatan OPD harus melihat prioritas pembangunan per tahun dan mendukung Kebijakan Bangga Mbangun Desa dengan 4 pilar (Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan dan lingkungan Sosial Budaya). Tiap OPD dalam merencanakan anggaran kegiatan agar tuntas dan mengutamakan kebermanfaatan supaya hasilnya berkualitas.

Dalam mewujudkan Good Government, salah satunya dilaksanakan e-planing yang terintegrasi dengan e- budgeting. Capaian kinerja OPD yang belum tercapai di Tahun 2017 supaya ditingkatkan dan agar diberikan penjelasan mengenai mengapa belum tercapainya kinerja tersebut.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disiplin Protokol Kesehatan Tetap Dipantau

Rabu, 24 November 2021 | 13:18 WIB

150 Nelayan Cilacap Dapat Program Pemberdayaan Nelayan

Kamis, 18 November 2021 | 14:02 WIB
X