Dorong UMKM Naik Kelas, Karangtaruna Sunyalangu Gandeng Lembaga Pemerintah

- Jumat, 19 November 2021 | 17:11 WIB
IKUTI SOSIALISASI: Sebanyak 50 pelaku UMKM Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas mengikuti sosialisasi perlindungan kecelakan, kematian dan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan di Balai Desa setempat  Jumat 19 Nopember 2021 (SM Banyumas/Dok)
IKUTI SOSIALISASI: Sebanyak 50 pelaku UMKM Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas mengikuti sosialisasi perlindungan kecelakan, kematian dan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan di Balai Desa setempat Jumat 19 Nopember 2021 (SM Banyumas/Dok)

BANYUMAS, suaramerdeka.banyumas.com-Untuk turut serta mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa naik kelas, Karangtaruna Desa Sunyalangu Kecamatan Karanglewas menggandeng berbagai pihak untuk mendorong penguatan UMKM.

Ketua Karangtaruna Desa Sunyalangu, Fathurrozak mengatakan lembaga pemerintah yang digandeng itu antara lain Dinas Koperasi, BPJS Ketenagakerjaan, PLUT, OJK, perbankan dan lainnya. Semua lembaga ini digandeng untuk mendorong pemberdayaan pelaku UMKM.

" Fokus kami antara lain adalah mulai dari pendataan dan pengembangan pelaku UMKM hingga kemudian kita fasilitasi mereka untuk mengurus legalitas usaha termasuk di antaranya NIP UMK, ijin PIRT dan lainnya," kata Fathur.

Baca Juga: Akhir Pekan Ini, Nonton Pentas Kolaborasi 'Metamorfosa Lengger' Yuk!

Selain itu, untuk membantu pemasaran produk UMKM lebih luas, kata Fathur, Karangtaruna juga akan mendorong digitalisasi pemasaran produk UMKM.

Hal ini penting agar pemasaran produk UMKM bisa semakin luas dan bisa bersaing dengan yang lain.

"Setelah ada legalitas produk sekaligus mutu, kita dorong nantinya produk UMKM ini bisa masuk ke berbagai marketplace. Jadi meskipun berada di lereng Slamet, namun kita punya koneksi secara luas secara virtual untuk pemasaran produk," jelasnya.

Baca Juga: Hujan-hujanan, Ganjar Pranowo Cek Kesiapsiagaan Bencana di Banjanegara

Sementara itu untuk perlindungan para pelaku UMKM, Karangtaruna juga menggandeng pihak BPJS Ketenagakerjaan agar pelaku UMKM bisa mempunyai jaminan ketenagakerjaan. Karangtaruna juga menggandeng Pusat Latihan Usaha Terpadu (PLUT) untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM baik mulai dari manajemen produksi, pemasaran hingga keuangan.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Blokade Jalan ke TPA Gunung Cunil

Selasa, 25 Januari 2022 | 18:35 WIB

Guru di Banyumas Mulai Terima Vaksin Booster

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:04 WIB

Konservasi Lahan Kritis dan DAS Tak Boleh Berhenti

Senin, 17 Januari 2022 | 23:09 WIB
X