Curah Hujan Tinggi, Ahli Geologi Peringatkan Potensi Longsor di Banjarnegara dan Purbalingga

- Jumat, 12 November 2021 | 15:12 WIB
Lokasi jalan menuju Dusun Sidakarya Punggelan Banjarnegara menuju lokasi rumah teetimoa longsor dan balita meninggal dunia Kamis 21 Oktober 2021 (SM Banyumas/dok)
Lokasi jalan menuju Dusun Sidakarya Punggelan Banjarnegara menuju lokasi rumah teetimoa longsor dan balita meninggal dunia Kamis 21 Oktober 2021 (SM Banyumas/dok)

BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com - Dua ahli geologi dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Prof Sari Bahagiarti Kusumayudha dan Andi Sungkowo, memperingatkan bahaya potensi longsor akibat curah hujan tinggi di wilayah Banjarnegara dan Purbalingga.

Andi Sungkowo mengatakan, tingginya curah hujan di Banjarnegara ditambah kemiringan tanah menjadikan potensi tanah bergerak sangat tinggi.

Kasus tanah longsor di Sijeruk tahun 2006 misalnya, hujan yang sangat tinggi sementara pepohonan tidak cukup mengikat erat tanah.

Ditambah lagi, warga yang beberapa hari sebelum longsor memotong lereng untuk membuat jalan menjadikan longsoran bisa sangat hebat terjadi.

Baca Juga: Penanangan Jalan Longsor Ajibarang-Wangon Ditarget Tiga Minggu

"Karenanya, saya harap hati-hati ketika memotong lereng. Lihat kondisi di atasnya seperti apa, karena bisa memicu longsor," katanya, pada Sosialisasi Antisipasi Bencana Gerakan Tanah yang digelar Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, di Aula SMAN 1 Wanadadi, Rabu, 10 November 2021.

Sementara Prof Sari mengungkapkan, ketika pencegahan bisa dilakukan, maka akan sangat efektif mengurangi risiko bencana.

Salah satunya dengan menanam tanaman yang tepat sehingga akarnya dapat mengikat tanah dengan kuat.

"Pastikan tanaman yang dipakai untuk pengikat tanah tepat, dengan akar tunggang yang mampu mengikat tanah," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15.000 Bibit Pohon Ditanam di Dataran Tinggi Dieng

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:45 WIB

SICB Kerahkan Anggota Bantu Bersihkan Pasar Darurat

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:40 WIB

Polres Banjarnegara Ringkus Begal Taksi Online

Selasa, 3 Januari 2023 | 07:41 WIB

Ganjar Pranowo Kick Off 29 Desa Antikorupsi

Sabtu, 17 Desember 2022 | 05:57 WIB
X