Peringati Hari Santri, GMNU Ajibarang Adakan Haul Ulama

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:22 WIB

 

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com-Memperingati Hari Santri Nasional, Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) Ajibarang mengadakan doa bersama dan Haul  untuk ulama pada Kamis malam 21 Oktober 2021 di halaman SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang.

Panitia kegiatan Imam Khariri mengatakan kegiatan ini menjadi bagian upaya mengingat jasa para ulama yang ada di Banyumas. 

Apalagi peran ulama dan santri dalam memperjuangkan, mengisi dan mempertahankan kemerdekaan cukup tinggi. 

Baca Juga: Kejuaraan Renang Dulongmas, Tuan Rumah Purbalingga Peringkat Empat

"Di momen hari santri ini kami juga mengadakan haul ke dua Kiai Chayatul Makky tokoh ulama muda cucu dari Mbah Muzni Lesmana yang cukup berpengaruh sejak jaman kemerdekaan hingga dekade 1980-an.

Dari Gus Chayat ini kita bisa belajar kalau santri juga tak kalah dengan pelajar pendidikan formal. Dari kemampuan literasinya, ia mampu sejajar bahkan keilmuannya diakui oleh kalangan akademis dan kalangan profesional," jelasnya. 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyumas, Fatchurrochman Rudi Ariwibowo mengenal Gus Chayat cukup dekat dan mengakui keilmuannya. 

Baca Juga: Gempa Bumi 5,3 SR Guncang Malang, Tak Berpotensi Tsunami

Ia bahkan rutin mengadakan  diskusi hingga konsultasi berbagai masalah fiqh hingga permasalahan agama lainnya. 

"Pernah saya kebingungan siapa nama istri dari Abdul Muthalib. Jadi saya tanyakan ke beliau tak sampai lima menit ia langsung jawab dengan sumber kitabnya," jelasnya. 

Ia berharap dengan momen hari santri inilah, para kaum muda dapat belajar mengambil pelajaran dan keteladanan kerja keras dan pembelajaran dari para ulama. 

Baca Juga: Prokes Tak Boleh Mengendur, Satgas Covid-19 Banyumas Intensifkan Pemantauan di Titik Keramaian

"Jadi tak hanya mencintainya saja, tetapi mengikuti dan melaksanakan warisan ilmu dan keteladanan nya dalam berperan melayani umat, " jelasnya. ***

 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Terkini

X